The Hegen Blog

Memilih Skincare yang Aman untuk Ibu Menyusui, Apa Tipsnya?

Sedikit banyak, ketika Bunda masuk ke fase menyusui akan terjadi perubahan dalam tubuh Bunda. Selain kebutuhan tenaga yang makin besar, tidak sedikit yang merasakan perubahan pada kulitnya. Ini menjadikan topik skincare yang aman untuk ibu menyusui menarik untuk dibahas lebih jauh.

Pentingnya memilih skincare yang aman untuk ibu menyusui sebenarnya mengacu pada adanya risiko beberapa kandungan dalam produk perawatan kulit yang dapat disalurkan ke dalam ASI. Jelas, hal ini adalah sesuatu yang tidak diinginkan, karena kandungan tersebut berpotensi membawa masalah kesehatan untuknya.

Maka dari itu penting untuk Bunda pahami apa saja tips memilih skincare yang aman, namun tetap dapat memberikan perawatan terbaik pada kulit Bunda sehingga terjaga kelembapan dan kesehatannya.

Mari Pahami Dahulu Bahan yang Perlu Dihindari saat Menyusui

Skincare yang aman untuk ibu menyusui

Sumber: stockking via freepik.com

Seperti yang disampaikan sebelumnya, ada beberapa bahan yang dinilai berpotensi membawa bahaya dan dapat disalurkan melalui ASI pada si kecil. Menurut penelusuran tim Hegen, setidaknya terdapat enam bahan yang dianggap memiliki risiko serupa. Sekilas bahasannya dapat Bunda cermati di bawah ini.

Retinoid atau Vitamin A.

Retinoid sendiri adalah turunan dari vitamin A yang menjadi kandungan dalam produk skincare untuk mencegah penuaan. Meski demikian kandungan bahan ini di dalam ASI dapat mengganggu perkembangan bayi, iritasi jika bersentuhan langsung, hingga cacat lahir jika digunakan selama masa kehamilan.

Beberapa alternatif lain yang dapat memberikan manfaat serupa misalnya adalah bakuchiol, vitamin C alami, asam azelaic, dan sejenisnya. Bunda dapat mengkonsultasikan hal ini dengan dokter kepercayaan.

Asam Salisilat Dosis Tinggi

Kandungan asam salisilat di dalam produk skincare memiliki manfaat untuk mengatasi berbagai jenis jerawat, ketombe, tanda penuaan, dan sejenisnya. Kandungan ini banyak terdapat pada sabun, pembersih wajah, lotion, hingga krim.

Untuk efek sampingnya pada Bunda sendiri, penggunaan produk dengan asam salisilat akan berisiko menimbulkan kulit kemerahan, rasa terbakar, kulit mengelupas, iritasi, dan ruam. Jika sampai terserap ke dalam ASI, maka efeknya juga akan buruk untuk si kecil.

Alternatif yang dapat digunakan adalah kandungan asam laktat yang dikenal lebih aman untuk digunakan oleh ibu menyusui.

Hidrokuinon

Zat ini dikenal sebagai salah satu agen pemutih kulit yang digunakan pada beberapa produk kosmetik dan skincare. Meski peredarannya telah sangat dibatasi, namun beberapa produk mungkin masih menggunakan klandungan ini.

Penggunaan produk dengan kandungan hidrokuinon pada ibu hamil sejak lama dilarang karena membawa efek negatif bagi janin. Jelas untuk ibu menyusui hal ini juga dilarang, sebab dapat turut ke dalam ASI dan masuk ke pencernaan si kecil. Memang belum ada studi yang menyatakan produk dengan kandungan hidrokuinon yang dioleskan dapat disalurkan ke ASI, tapi sangat dianjurkan menghindari produk dengan kandungan zat tersebut.

Untuk alternatifnya sendiri Bunda dapat memilih produk yang mengandung zinc dan alpha arbutin.

Paraben dan Phthalates

Kandungan ini umum ditemukan pada kosmetik, skincare, dan pembersih rumah tangga atau pengawet makanan. Risikonya ketika sampai ke tubuh si kecil adalah meningkatkan kemungkinan obesitas, risiko terkena diabetes gestasional, meningkatkan risiko infertilitas, dan meningkatkan risiko kekambuhan eksim pada bayi.

Manfaat dari dua kandungan di atas adalah untuk membantu mengurangi stretch mark dan mengurangi guratan halus yang muncul setelah melahirkan.

Alternatifnya dapat mengacu pada produk dengan kandungan lidah buaya atau aloe vera, yang sifatnya lebih alami dan aman untuk si kecil.

Pewangi Buatan dan Alkohol

Produk skincare yang beredar di pasar juga banyak yang mengandung pewangi buatan dan alkohol. Meski keduanya ditujukan agar memiliki aroma yang lebih wangi, namun sejatinya dua kandungan ini tidak disarankan untuk ada pada produk skincare yang Bunda gunakan.

Efeknya sendiri antara lain adalah risiko alergi dan iritasi. Kedua bahan ini dapat memicu gangguan kondisi kesehatan pada Bunda dan si kecil, terlebih ketika sampai masuk ke tubuh si kecil.

Alternatifnya jelas adalah memilih produk dengan kandungan pewangi alami, yang meski aromanya tidak terlalu kuat namun tetap aman digunakan. Untuk membantu melembabkan, Bunda juga dapat menggunakan produk dengan sifat pelembab alami yang lebih aman seperti lidah buaya atau sejenisnya.

Bahan yang Aman untuk Skincare Ibu Menyusui

Skincare yang aman untuk ibu menyusui

Sumber: user24964687 via freepik.com

Setelah paham mengenai bahan skincare yang kurang direkomendasikan, kini Bunda dapat mencermati bahan-bahan apa yang cenderung aman untuk digunakan. Tentu, akan lebih baik jika Bunda mengkonsultasikannya dengan dokter kepercayaan Bunda, sehingga rekomendasi yang diberikan dapat lebih sesuai dengan kondisi Bunda.

Asam Hialuronat

Kandungan ini cukup umum ditemukan dalam produk kosmetik, dan dinilai cukup aman untuk digunakan ibu menyusui. Asam hialuronat bermanfaat untuk menghidrasi kulit sehingga menghindarkan Bunda dari kondisi kulit kering.

Vitamin C

Vitamin C juga cukup sering ditemukan dalam produk kosmetik karena memiliki manfaat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Sifatnya yang antioksidan membantu melindungi kulit dari efek radikal bebas. Selain itu vitamin C juga dapat membantu mencerahkan kulit.

Niacinamide

Kandungan ketiga adalah niacinamide, yang bermanfaat untuk memperbaiki tekstur kulit yang mengalami kerusakan. Di sisi lain kandungan ini juga dapat membantu Bunda untuk mengurangi peradangan yang terjadi selama masa menyusui.

Ceramide

Ada pula ceramide. Kandungan ini banyak digunakan pada skincare yang membawa manfaat memperkuat perlindungan yang dimiliki kulit. Ceramide juga akan membantu menjaga kelembapan kulit, sehingga tidak mudah mengalami kulit kering, pecah, atau iritasi ringan lain.

Zinc Oxide dan Titanium Dioxide

Kedua kandungan ini cenderung aman untuk kulit dan Bunda selama masa menyusui. Manfaat utamanya adalah sebagai tabir surya fisik, sehingga kulit terlindung dari efek buruk paparan sinar Matahari.

Bahan Alami Lain

Selain beberapa bahan yang disebutkan sebelumnya, sebenarnya ada banyak bahan alami yang juga aman untuk membantu menutrisi kulit. Mulai dari lidah biaya, minyak kelapa, hingga minyak jojoba, yang semuanya memiliki kandungan nutrisi alami yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Karena sifatnya alami, maka bahan-bahan ini cenderung aman digunakan pada fase menyusui.

5 Tips Sederhana Memilih Skincare yang Aman untuk Ibu Menyusui

Skincare yang aman untuk ibu menyusui

Sumber: wavebreakmedia_micro via freepik.com

Ada lima cara sederhana yang dapat Bunda lakukan guna memperoleh produk skincare yang aman untuk ibu menyusui. Kelima cara ini dapat diterapkan dengan cermat, sehingga Bunda dapat memperoleh produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan aman untuk Bunda dan si kecil.

  • Pertama, pastikan Bunda membaca label yang tersemat di produk skincare dengan cermat. Lihat kandungan bahan yang ada di dalamnya, dan hindari bahan-bahan yang ada di poin pertama tadi
  • Kedua, pilih produk yang diformulasikan khusus untuk ibu hamil dan menyusui. Produk dengan predikat seperti ini menjadi pilihan paling aman sebab telah melewati berbagai uji coba dan pemilihan bahan serta kandungan, dan dipastikan aman untuk Bunda gunakan
  • Ketiga, coba lakukan uji tempel atau patch test. Cara ini dapat dilakukan sebelum menggunakan produk pada seluruh wajah atau kulit agar diketahui efek yang muncul setelah penggunaan
  • Keempat, mulai dengan produk skincare dasar. Misalnya pembersih wajah, pelembab, kemudian tabir surya, dan sejenisnya, untuk memastikan produk  yang Bunda gunakan aman dan tidak memberikan efek samping yang merugikan
  • Kelima, jangan ragu berkonsultasi dengan dokter kepercayaan Bunda untuk mendapatkan produk yang sesuai, sehingga dapat direkomendasikan produk  yang memiliki kandungan benar-benar aman untuk Bunda dan si kecil dan tidak memberikan efek merugikan selama fase menyusui ini

Rutinitas Skincare Mendasar dan Efektif untuk Busui

Skincare yang aman untuk ibu menyusui

Sumber: prostooleh via freepik.com

Setelah tahu informasi yang telah dijelaskan di atas, kini Bunda tentu memiliki insight lebih baik untuk  urusan skincare yang aman selama fase menyusui. Nah, untuk membantu Bunda mendapatkan perawatan yang ideal, bagian ini akan memberikan sedikit informasi tentang rutinitas yang direkomendasikan, yang semoga dapat membuat Bunda merasa lebih nyaman dalam melakukan treatment rutin tersebut.

  • Bersihkan wajah dua kali sehari dengan pembersih yang lembut
  • Selalu gunakan pelembab yang dapat menghidrasi dan  tidak menyumbat pori-pori kulit Bunda
  • Melindungi kulit dari paparan sinar Matahari dengan tabir surya yang memiliki spektrum luas (misalnya SPF 30 atau lebih tinggi)
  • Lakukan eksfoliasi kulit secara lembut sekitar 1 hingga 2 kali seminggu untuk mengangkat sel kulit mati
  • Selalu gunakan masker wajah alami atau produk yang aman selama fase menyusui, dan mintalah rekomendasi dokter untuk perawatan yang tepat sesuai dengan kondisi kulit Bunda

 

Memilih skincare yang aman untuk ibu menyusui sebenarnya bersifat mendasar, supaya fase menyusui yang Bunda jalani bersama si kecil tidak terganggu dan si kecil tidak harus terpapar zat berbahaya yang berisiko pada tumbuh kembangnya. Tentu, rekomendasi dokter menjadi produk yang paling dianjurkan untuk urusan ini, karena akan disesuaikan dengan kondisi kulit yang Bunda miliki. Senada dengan rekomendasi produk terbaik untuk Bunda dan si kecil selama fase menyusui, Hegen juga turut dapat memberikan dukungan optimal untuk fase ini. Pastikan asupan ASI si kecil tidak pernah kurang dengan breast pump dari Hegen dan botol susu berkualitas yang dimiliki. Praktis, menawarkan ekosistem sempurna untuk setiap produknya yang saling mendukung, dan melewati riset dan pengembangan optimal, Hegen akan menjadi partner yang sempurna untuk menemani setiap fase tumbuh kembang si kecil!

 

 

Referensi: 

  • Halodoc. Ini Rekomendasi Skincare Aman dan Bagus untuk Ibu Menyusui. https://www.halodoc.com/artikel/ini-rekomendasi-skincare-aman-dan-bagus-untuk-ibu-menyusui. 
  • KlikDokter. Tips Memilih Skincare yang Aman untuk Ibu Menyusui. https://www.klikdokter.com/ibu-anak/ibu-menyusui/tips-memilih-skincare-yang-aman-untuk-ibu-menyusui.
  • RRI. Kenali Perbedaan Retinol dan Retinoid untuk Kulit Awet Muda. https://www.rri.co.id/kesehatan/803367/kenali-perbedaan-retinol-dan-retinoid-untuk-kulit-awet-muda#:~:text=Retinol%20sebenarnya%20adalah%20jenis%20retinoid,bentuk%20lebih%20lemah%20dari%20retinoid..
  • Healtline. Is Salicylic Acid Safe for Skin Care During Pregnancy?. https://www.healthline.com/health/pregnancy/salicylic-acid\. 
  • Alodokter. Asam Salisilat. https://www.alodokter.com/asam-salisilat#:~:text=Asam%20salisilat%20topikal%20umumnya%20aman%20untuk%20digunakan%20oleh%20ibu%20menyusui.. 
  • Teman Bumil. Kandungan Skincare yang Aman untuk Ibu Menyusui. https://www.temanbumil.com/artikel/detail/kandungan-skincare-yang-aman-untuk-ibu-menyusui.
  • Liputan 6 . 10 Rekomendasi Skincare Terbaik dan Aman untuk Ibu Menyusui, Jangan Salah Pilih. https://www.liputan6.com/citizen6/read/5577917/10-rekomendasi-skincare-terbaik-dan-aman-untuk-ibu-menyusui-jangan-salah-pilih.
  • HaiBunda. 15 Skincare Lokal yang Aman untuk Ibu Menyusui, Mudah Didapat dan Harganya Terjangkau. https://www.haibunda.com/menyusui/20230502102628-54-303831/15-skincare-lokal-yang-aman-untuk-ibu-menyusui-mudah-didapat-dan-harganya-terjangkau.
  • The Asian Parent. 14 Skincare Ibu Hamil dan Menyusui Terbaik 2024, Serum Hingga Nipple Cream. https://id.theasianparent.com/skincare-ibu-hamil-dan-menyusui.