The Hegen Blog

Cobalah 8 Cara Mengatasi Payudara Sakit pada Ibu Menyusui

Menyusui adalah fase alami yang dilalui setiap ibu melahirkan dalam memenuhi asupan nutrisi ASI yang dibutuhkan si Kecil. Agar ASI bisa keluar dengan optimal, bagi ibu muda terutama, perlu melakukan banyak latihan untuk menyusui dengan benar agar meminimalisir rasa sakit dan tidak nyaman selama menyusui. Artikel ini akan mengulas tentang bagaimana cara mengatasi payudara sakit pada ibu menyusui.

Penyebab Payudara Terasa Sakit saat Menyusui

Timbulnya rasa nyeri dan pembengkakan menjadi alasan mengapa payudara bisa terasa sakit saat menyusui. Nyeri bisa terjadi saat mengeluarkan ASI atau karena pertanda hal yang lebih serius seperti infeksi pada payudara. Kabar baiknya, nyeri payudara akan hilang dengan melakukan beberapa hal untuk meminimalisir rasa nyeri.

Bagi ibu yang baru melahirkan, selama 2-5 hari pertama setelah melahirkan, payudara membesar (sangat penuh). Hal ini wajar terjadi seiring dengan meningkatnya suplai ASI. Nah pembengkakan payudara ini bisa memicu sakit, nyeri, payudara terasa kencang, bahkan hingga infeksi. 

Pada masa-masa awal, pembengkakan payudara memang bisa disebabkan oleh keluarnya ASI. Bayi yang baru lahir perlu disusui sedikit demi sedikit namun cukup sering. Agar bisa sesuai dengan kebutuhan bayi, memang memerlukan waktu supaya suplai ASI bisa sesuai. 

Pembengkakan akan membuat area puting susu menjadi sedikit meregang dan terasa nyeri. Selain itu, payudara ibu menyusui juga bisa semakin terasa sakit karena posisi pelekatan bayi yang tidak menempel dengan baik pada payudara. 

Cara Mengatasi Payudara Sakit pada Ibu Menyusui

Yakinlah Bunda, sebagian besar masalah ketidaknyamanan dan rasa sakit menyusui biasanya bersifat sementara dan dapat diatasi dengan sendirinya agar proses menyusui menjadi lebih mudah. Berikut ini beberapa cara mengatasi payudara sakit pada ibu menyusui yang bisa Bunda praktikkan dengan mudah.

1. Terapkan Kompres Dingin pada Payudara

Untuk membantu mengatasi rasa sakit akibat payudara yang membesar, berikan kompres dingin secara rutin. Gunakan kain bersih atau handuk dan siapkan air dingin untuk mengompres area payudara agar lebih rileks dan nyaman. 

2. Oleskan Salep Khusus untuk Menyusui

Oleskan salep menyusui yang dijual bebas di apotek terdekat dengan kandungan Lanolin pada area puting dan aerola setiap akan menyusui. Salep jenis ini bagus untuk melembapkan dan menenangkan kulit di sekitar area puting. Kandungan Lanolin pun aman jika mengenai bibir bayi saat menyusui. 

3. Memakai Bra Menyusui yang Lembut dan Nyaman

Cara mengatasi payudara sakit pada ibu menyusui agar cepat mereda adalah dengan memastikan selalu memakai bra menyusui yang nyaman sesuai ukuran payudara. Pakailah bahan bra yang lembut dan jika memakai bantalan payudara, usahakan pakai herbal hidrogel yang bisa mengurangi gesekan, rasa sakit, dan luka pada puting.

4. Minum Obat Anti Nyeri

Apabila nyeri pada payudara Bunda tak kunjung mereda, minumlah obat anti nyeri seperti Paracetamol atau Ibuprofen dengan dosis yang dianjurkan untuk mengurangi rasa sakit ini. Obat-obatan ini aman dikonsumsi oleh ibu menyusui.

5. Pastikan Posisi Pelekatan Bayi Sudah Benar

cara mengatasi payudara sakit pada ibu menyusui

Untuk mencegah dan meredakan nyeri yang dialami di area puting, pastikan setiap akan menyusui, periksa posisi pelekatan bayi sudah tepat atau belum. Bunda perlu belajar mengatur posisi menyusui untuk mencari kenyamanan si Kecil dan juga si ibu menyusui sendiri. Jika pelekatan dirasa salah, masukkan jari secara perlahan ke dalam mulut si Kecil untuk mengeluarkan puting dan coba lagi pada posisi lain.

6. Memerah ASI dengan Tangan

Cara mengatasi payudara sakit pada ibu menyusui yaitu dengan mencoba memerah sedikit ASI dengan tangan. Langkah mudah ini bisa meringankan ketidaknyamanan akibat pembengkakan. Perah ASI secukupnya saja untuk menghilangkan rasa tidak nyaman. Jangan terlalu banyak memerah ASI karena akan membuat produksi ASI semakin banyak. 

7. Rutin Lakukan Pumping ASI

Pengosongan secara teratur menjadi cara efektif untuk mengatasi payudara yang sakit saat menyusui dan juga bisa meningkatkan produksi ASI. Dianjurkan untuk menyusui atau memompa ASI sebanyak 8-12 kali sehari, termasuk di malam hari. 

Apabila menyusui bayi secara langsung atau direct breastfeeding dirasa terlalu nyeri, payudara bisa dikosongkan dengan memakai alat pompa ASI. Sebelumnya perhatikan kualitas peralatan breast pump yang digunakan untuk pumping ASI agar puting lecet dapat dicegah. 

Kami menawarkan HEGEN PCTO MANUAL BREAST PUMP MODULE dan HEGEN PCTO™ DOUBLE ELECTRIC BREAST PUMP NEW

cara mengatasi payudara sakit pada ibu menyusui

Baik manual maupun electric breast pump dilengkapi dengan SoftSqround flanges yang terbuat dari soft silicone untuk daya rekat terbaik dan lembut pada nipple dan kulit Bunda. Alat breast pump dari Hegen sangat compact bisa dibawa kemana pun dan bisa Bunda atur sendiri tingkat daya hisapnya saat pumping. Dengan kualitas material terbaik, breast pump Hegen mudah dibersihkan, tahan lama, dan steril untuk digunakan. 

Ingat ya Bunda, semakin sering Bunda menyusui langsung dan pumping ASI, maka pembengkakan akan semakin berkurang dan rasa sakit hilang.

8. Sering Lakukan Pemijatan Laktasi

Rasa sakit dan nyeri yang timbul berasal dari payudara bengkak ataupun saluran ASI yang tersumbat. Untuk membantu mengatasi bengkak dan melancarkan ASI di area yang tersumbat bisa dengan pijatan ringan saat menyusui atau di antara sesi menyusui.

Uniknya, Hegen Double Electric Breast Pump juga dilengkapi fitur pijatan, lho! Cukup ganti eCap dengan Kneading Ring yang menyerupai alat pijat bekam yang terinspirasi TCM. Fitur pijat ini membantu menstimulasi sirkulasi, meredakan pembengkakan atau nyeri, dan meningkatkan hormon bahagia.

Dapatkan rangkaian produk Hegen Breast Pump, Hegen Multifunctional Bottle, maupun perlengkapan bayi lainnya untuk menyusui hanya di situs resmi Hegen. Cek koleksinya dan checkout produk pilihanmu sekarang juga!


Referensi

  1. KidsHealth. Breastfeeding FAQs: Pain and Discomfort. https://kidshealth.org/en/parents/breastfeed-discomfort.html
  2. www.verywellfamily.com. 10 Tips for Getting Relief From Breastfeeding Pain. https://www.verywellfamily.com/stopping-breastfeeding-pain-with-comfort-measures-284301 
  3. what to expect. How to Treat Sore Nipples and Breastfeeding Pain. https://www.whattoexpect.com/first-year/breastfeeding/sore-cracked-painful-nipples-breastfeeding/